Tuesday 18 December 2012

Cara screenshot Android TANPA APLIKASI

0 comments
Apakah juragan sering nge-screenshot tampilan agan jika ada sesuatu, Apa???..., Agan pake aplikasi?!?, ckckck, sebenernya juragan juragan semua dibohongikalo screenshot/ screen capture di Android itu menggunakan aplikasi , pasalnya ane sendiri juga baru sadar pas ngotak ngatik hp ane gan (Samsung Galaxy Young Duos), sebenernya ane udah lama tau, tapi kali ini ane bakal nge-share artikel penting yang mudah-mudahan sangat bermaanfaat buat agan.

Oke, sebelumnya ane bakal ngasih tau kepada agan sedikit penjelasan kalo di setiap StockRom atau Custom Rom itu ada yang namanya aplikasi ScreenCaptureService.apk yang berada di /System/app

Bukti
Bukti lagi



Agan agan bisa chek sendiri di situ, Jadi rahasianya aplikasi di system/app ini menggunakan beberapa peng-codingan permission untuk memfoto tampilan, jadi agan gak usah menginstal aplikasi lain buat screen carpture karena tanpa kita sadari kita sudah memilikinya.


Bagaimana cara Screenshot menggunakan aplikasi custom tersebut?

Sebenernya, untuk mengunakan screencapture menggunakan metode ini sangat gampang dan simple, tapi waktu pertama kali pasti bingung, agan bisa coba berulang ulang kali coba cara ini, ane sampe lancar bener gan karena dah terbiasa dan seringkali membuat pic tutorial lewat cara ini.

Berikut adalah tata caranya:

Jadi BIASANYA android itu terdapat 3 tombol utama, tengah, samping kiri dan kanan
Untuk tengah = HOME
Kanan = POWER
KIRI = VOLUME UP / DOWN


Nah, rahasianya adalah disini, yaitu tombol on/off dan tombol utama (yang ada ditengah), 



Pertama tekan tombol HOME

 lalu tekan juga tombol POWER



 lalu lepas tombol POWER

dan terakhir lepas tombol HOME

Cara ini menggunakan cara = HOME + POWER (HOME + POWER - POWER + HOME )

reaksinya bakal ada getaran dan sebuah kotak yang mengecil (hahaha)
GAMPANG BANGETKAN GAN!!!!

ini videonya (bikinan ane) haha,,,



CATATAN: 
*ane belom coba disemua android (tapi kebanyakan bisa), jadi tolong shrink lewat komengtar kalo ini tidak bisa
*Kalo tetap tidak bisa gunakan kombinasi sendiri, Kadang tanpa sengaja kita menemukannya misalnya yang ditekan tombol home bersamaan dengan volume down, atau volume up dengan tombol power, coba saja berekperimen sendiri, kalo sobat menemukan sendiri, jangan lupa share disini yah... :)

UNTUK BERBAGAI DEVICE ( SOBAT YANG BERHASIL DAN BERKOMENTAR )

Power + Volume down 
Smartfren Andromax-i
Smartfren Andromax-u
Smartfren Andromax-t
Samsung Galaxy tab 2
Samsung Galaxy Tab
Lenovo s890
LG Optimus L5-II
Mito A300
Sony Experia E
Lenovo A390
Advan T2V
Axio Picopad 5
Power + Home 
Samsung Galaxy note
Samsung Galaxy Young
Samsung Galaxy Mini 2
Samsung Galaxy Wonder
Samsung Galaxy Grand
Samsung Galaxy Mini
LG Optimus L9 P765
Samsung Galaxy W
Samsung Galaxy Ace 2
Samsung Galaxy Chat
Home + Power
SGS Advance GT-I9070
Samsung Galaxy S3
Samsung Galaxy Fame
Samsung Galaxy Core
Samsung Galaxy S3 mini
Samsung Galaxy Ace 3

Jika masih belum bisa, coba kombinasikan tombol Power + Volume UP, Home + Volume UP, Home + Volume Down

sekian dari ane, semoga sangat bermanfaat banget.

Leave a Reply

berilah kritik dan saran yang baik. kritik dan saran anda berguna sekali bagi saya.